Kamis, 30 Oktober 2008

Jembatan IV Akan Dipasang CCTV


PALU- Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Palu, Robby Siwi, Rabu (28/10) mengatakan, pihaknya merencanakan untuk mengaktifkan kembali lampu Jembatan IV, yang saat ini telah rusak parah akibat tangan orang tak bertanggung jawab.
Robby Siwi mengatakan, supaya perusakan oleh orang tak bertanggung jawab tersebut tidak terulang kembali, pada tahun anggaran (TA) ini disbudpar menganggarkan pengadaan closed circuit television (CCTV), sebesar Rp75 juta. Dana tersebut sudah termasuk biaya untuk petugas pengawas, yang rencananya akan diambil dari tenaga kontrak pada lingkungan disbudpar.
Kata Robby Siwi, pengawasan untuk sarana yang merupakan salah satu aset wisata ini, setidaknya membutuhkan dua orang pertugas. Namun untuk memantapkan sistem pengawasan, disbudpar akan mencari format yang lain.
"Jika terjadi pemadaman listrik, rencana disbudpar akan memasang solar cell (Tenaga surya), supaya, jika terjadi pemadaman listrik, lampu tetap menyala dengan energi dari tenaga surya itu," terangnya.
Robby Siwi mengaku masih akan mengkaji untuk melibatkan masyarakat setempat, sebagai tenaga pengawas lampu jembatan IV tersebut. Ia hanya berharap kepedulian masyarakat untuk menjaga aset pemkot ini.
"Biar bagaimanapun, kalau tidak ada kepedulian masyarakat untuk ikut serta menjaganya, ya susah.Makanya kesadaran dari masyarakat itu yang sangat dibutuhkan," harapnya.
Wakil Walikota Palu (Wawali), Andi Mulhanan Tombolotutu sendiri menyerahkan sepenuhnya sistem pengawasan yang akan diterapkan terhadap jembatan Palu IV itu. Ia juga berharap peran serta masyarakat, untuk ikut menjaga fasilitas umum yang merupakan aset Pemkot.
Salah seorang warga Kelurahan Lere, yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual ikan, Fandy sangat menyangkan fasilitas yang seharusnya menjadi kebanggan daerah ini justru dirusak. Padahal, jika Kota Palu terlihat indah, yang berbangga adalah warga Kota Palu sendiri. (joko/mal)

Photo by: Abde Palu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar atas semua tampilan blog ini demi kesempurnaan.